sairein

Sekilas Tentang USU
Universitas Sumatera Utara (USU) adalah salah satu universitas negeri yang berdiri pada tahun 1957. Kampus USU memiliki luas sekitar 122 Ha, dengan zona akademik seluas sekitar 100 Ha. USU memiliki empat belas fakultas/sekolah, yaitu Fakultas Kedokteran (FMIPA), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Farmasi (FF), Fakultas Psikologi, Fakultas Keperawatan dan Pasca Sarjana. Jumlah program studi yang ditawarkan sebanyak 135, terdiri dari 19 tingkat doktoral, 32 magister, 18 spesialis, 5 profesi, 46 sarjana, dan 15 diploma. Jumlah mahasiswa terdaftar saat ini lebih dari 33.000 orang, 1000 di antaranya adalah mahasiswa asing.
USU memiliki visi menjadi University for Industry (UfI), dengan misi:
(1) mempersiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat bermoral dengan kemampuan akademik dan/atau profesional dan/atau vokasional untuk menerapkan, mengembangkan, dan memperkaya ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
 (2) mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan seni terutama pada kerjasama berbasis industri, dan pengembangan aplikasinya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional; dan
(3) mendukung pengembangan masyarakat sipil yang demokratis melalui peran USU sebagai suatu kekuatan moral yang otonom untuk mencapai kemampuan yang kuat dalam lingkungan kompetisi global melalui pengelolaan secara profesional sumber daya manusia, memperluas partisipasi dalam pembelajaran, memenuhi kebutuhan nasional dalam pembelajaran, dan memodernisasi cara pembelajaran.
Tentang FMIPA
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara didirikan pada tanggal 25 Agustus 1965. Fakultas ini pada mulanya bernama Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam, Universitas Sumatera Utara (FIPIA USU). Pada tahun I969 FIPIA USU membuka Jurusan baru yaitu Jurusan Farmasi yang merupakan Jurusan keempat.
Beberapa tahun kemudian FIPIA berubah nama menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan proses belajar mengajar kembali ke kampus Padang Bulan USU. Dalam perkembangannya, FMIPA USU juga membuka Program Diploma III seperti Analis Farmasi, Kimia Industri, Ilmu Komputer, Statistik dan Fisika Instrumen. Pada tahun 2002-2003 Program Studi llmu Komputer secara resmi dibuka.
Pimpinan Fakultas:
Dekan : Dr. Sutarman, M.Sc.
Pembantu Dekan I : Dr. Marpongahtun, M.Sc.
Pembantu Dekan II : Drs. Nursal, M.Si.
Pembantu Dekan III : Drs. Kerista Sebayang, M.S.

Alamat:
Fakultas MIPA USU
Jalan Bioteknologi I
Kampus USU
Medan 20155

Tel. +62 61 821 1050, 8214290
Fax.+62 61 8214290

0 Responses

Posting Komentar