sairein
Tentang Program Studi
Program Studi Teknik Perangkat Lunak Strata-1 (S-1) didirikan pada tahun 2007 melalui SK DIKTI No 1629/D/T/2007 tanggal 6 Juli 2007 yang dalam masa awal pembukaannya dikelola di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara (FMIPA USU). Program studi ini diharapkan menjadi cikal bakal bagi pembukaan satu fakultas tersendiri yang berkonsentrasi pada bidang ilmu komputer dan teknologi informasi. Sejalan dengan itu, pada masa mendatang akan dapat pula dibuka beberapa program studi baru yang berada di bawah Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi tersebut seperti program studi Sains Informasi, program studi Teknologi Multimedia, program studi Manajemen dan Administrasi Sistem Informasi, dan lain lain. Sementara itu, program studi Ilmu Komputer yang telah lebih dahulu dibuka dan sekarang ini sudah di bawah naungan FMIPA USU, dapat pula disatukan sebagai salah satu departemen pada Fakultas Sains dan Teknologi Informasi yang akan dibuka tersebut.

Visi dan Misi
Visi

Menjadi penyelenggara pendidikan yang profesional dan pusat pengembangan ilmu pengatahuan dalam bidang ilmu dan Teknik Perangkat Lunak di Sumatera khususnya, dan di Indonesia umumnya.
Misi
Untuk mencapai visi tersebut, maka dirumuskanlah misi Program Studi Teknik Perangkat Lunak Strata-1 (S-1) USU sebagai berikut:
Menyelenggarakan pendidikan yang efektif, efisien dan berkesinambungan dalam bidang ilmu Teknik Perangkat Lunak yang mendukung peningkatan sumber daya manusia di lingkungan industri, pendidikan, jasa dan layanan masyarakat.
Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagaimana dituntut oleh pasar kerja dan masyarakat serta memiliki moral yang tinggi.
Menumbuhkan dan mengembangkan pengalaman meneliti dalam bidang ilmu Teknik Perangkat Lunak serta menyebarluaskan hasilnya melalui publikasi dan pertemuan ilmiah.

Tujuan Pembukaan Program Studi Teknik Perangkat Lunak

Pendidikan Program Studi S1 Teknik Perangkat Lunak yang dibuka ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di pasar tenaga kerja global, serta memiliki pengetahuan yang cukup untuk melanjutkan studi dalam bidang Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Kemampuan yang dimiliki oleh para lulusan berupa pengetahuan dan ketrampilan dalam memanfaatkan komputer dalam proses rekayasa, menguasai teknik dan metode penyelesaian masalah (problem solving) berbantuan komputer, serta mampu mengembangkan kegiatan penelitian terpakai dan mampu meneruskan studi lanjutan.
Lulusan Program Studi Teknik Perangkat Lunak, diharapkan juga memiliki kemampuan berfikir dan menulis secara jelas, efektif dan kritis, serta dapat berkomunikasi dengan tepat, meyakinkan dan berbobot. Lulusan juga harus mempunyai pemahanan dan pengalaman yang memadai dalam berfikir secara sistematis mengenai persoalan-persoalan moral dan etika.
Pendidikan Program Teknik Perangkat Lunak FMIPA USU menawarkan jumlah kredit semester sebesar 144 SKS, yang dapat diselesaikan dalam kurun waktu 4 (empat) tahun. Mahasiswa yang telah memperoleh 144 SKS dan tidak memiliki nilai D dan E, serta telah memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan, akan dinyatakan lulus sebagai Sarjana Teknik Perangkat Lunak dengan gelar S.Kom.

Perkiraan Lapangan Pekerjaan Lulusan
Lulusan Program Studi S1 Teknik Perangkat Lunak yang dihasilkan, diharapkan menjadi tenaga profesional TI yang berkualifikasi sebagai sistem engineer, sistem analis, sistem desainer dan/atau programmer teknologi informasi dalam lapangan pekerjaan sebagai berikut:
Departemen Komunikasi dan Informasi pada instansi-instansi pemerintahan.
Departemen Teknologi Informasi pada lembaga-lembaga BUMN.
Lembaga-lembaga perbankan dan keuangan lainnya yang memerlukan dukungan teknologi informasi.
Lembaga-lembaga yang berkecimpung dalam teknologi multimedia.
Perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia layanan media informasi elektronik.
Perusahaan-perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang teknologi informasi.
Perusahaan-perusahaan atau lembaga swasta lainnya yang membutuhkan tenaga profesional teknologi informasi.
Menjadi wiraswasta profesional yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru di bidang teknologi informasi.

Pimpinan Program Studi:
Ketua : Prof. Dr. Opim S. Sitompul, M.Sc.
Sekretaris : Drs. Sawaluddin, M.IT.
Staf Pengajar:
  • Prof. Dr. Ir. Darwin Sitompul, M.Eng.
  • Prof. Dr. HermanMawengkang
  • Prof. Dr. Opim Salim Sitompul, M.Sc.
  • Prof. Dr. M. Zarlis, M.Kom.
  • Dr. Saib Suwilo, M.Sc.
  • Dr. Sutarman, M.Sc.
  • Drs. Sawaluddin, M.IT
  • Drs. Suyanto, M.Kom
  • Drs. Mahyuddin, M.IT
  • Syahriol Sitorus, S.Si, M.IT
  • Syahril Effendi, S.Si, M.IT
  • Suharwinto, S.T, M.T
  • Drs. A. Ridwan Siregar, SH, M.Lib.
  • Dra. Mardiningsih, M.Si
  • Dra. Elly Rosmaini, M.S.
  • Zulkarnain Mahfudz, SH, CN.
  • Ir. Kasmir Tanjung
  • Ir. Sufianto

Alamat:
J. Universitas No.9 Kampus USU
Padang Bulan - Medan
0 Responses

Posting Komentar